Rabu, 08 Februari 2012

ooOUSULAN PENDIDIKAN DALAM KEPERAMUKAANOoo

KEPRAMUKAAN MEMBERI KONTRIBUSI PADA PENDIDIKAN KAUM MUDA MELALUI SISTEM NILAI

Misi Pramuka adalah memberi kontribusi pada pendidikan kaum  muda sehingga mereka bisa membantu membangun dunia yang kebih baik, dimana orang bisa memenuhi kebutuahan sendiri sebaagai individu dan berperan  membangun masyarakat.
          Misi ini dicapai melalui metaode penerapan Metode Kepramukaan yang menjadikan anggota muda sebagai tokoh utama dalam perkembangannya sebagai orang yang percaya diri pada diri sendiri, dapat memberikan dukunagan, bertanggung jawab an punya komitmen.
Aspek terpenting Metode Kepramukaan adalah ajakan kepada anggota muda untuk menaati prinsip spiritual, social, dan pribadi. Prinsip ini berisi system nilai yang diimiliki oleh semua Pramuka di seluruh dunia, dan organisasi – organisasi kepramukaan mengungkapkannya dengan cara yang berbeda dalam usulan pendidikan mereka.

v          NILAI YANG DIUSULKAN SEPANJANG HAYAT UNTUK SEMUA PRAMUKA

Prinsip – prinsip ini berisi sebuah usulan yang dijalankan secara pribadi oleh secara pribadi oleh setiap individu dan prinsip tersebut memberikan tantangan buat kita semua yang ada di Pramuka. Prinsip tersebut menganjak  anggota muda dan orang dewasa untuk berusaha keras secara terus menerus untuk memenuhinya.
Beberapa organisasi kepramukaan didunia mempunyai cara untuk mengungkapkan yang berbeda dalam usulan pendidikannya, walaupun demikian versi yang berbeda itu semuanya menunjukkan system nilai yang sama.
Setiap laki – laki dan perempuan yang berbagi pengalaman kepramukaan bertujuan untuk melakukan yang terbaik untuk menjadi :
1. Orang yang punya kebebasan dan intergritas, berfikiran bersih dan berhati mulia, berkemauan keras, bertanggung jawab dan percaya kepada diri sendiri, mempunyai komitmen pribadi, untuk kehidupan mereka, mantap dan jujur dalam berkata.
2.  Siap membantu orang lain, ikut terlibat dalam masyarakat, membela hak – hak orang lain, setia pada demokrasi dan komitmen pada pembangunan, pencinta keadilan penggalang perdamaian, menghargai tenaga manusia,membangun keluarga berdasarkan kasih sayang, menyadar akan harga diri mereka dan orang lain, berbagi dengan orang lain dalam kegembiraan dan kasih sayang.
3.  Seorang yang kreatif yang meninggalkan dunia dalam keadaan lebih baik dibandingkan ketika mereka menemukannya, berusaha keras untuk perstuan dunia yang alami, belajar terus menerus, memgerjakan pekerjaannya dengan baik tidak punya nafsu untuk memiliki.
4.  Seorang spiritual, memiliki cita rasa hidup yang luar biasa, membuka hatinya kepada Tuhan Yang Maha Esa, menghidupkan keyakinannya dengan keriangan dan menjadikannya bagian dari kehidupan sehari – hari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar